Kisah Nabi Sulaiman yang Menaklukkan Ratu Balqis

Kisah Nabi Sulaiman merupakan cerita dari salah seorang raja Bani Israil di zaman dulu. Sulaiman merupakan salah satu anak dari Nabi Daud yang menjadi raja di kerajaan Bani Israil. Sejak masih muda, Sulaiman sudah menunjukkan sifat-sifat kepemimpinan, perilaku yang bijaksana, serta kecerdasan dalam berpikir. Oleh karena itu, tidak heran jika Daud menginginkan Sulaiman menjadi pewaris tahtanya saat dia meninggal dunia. Diriwayatkan dalam beberapa urusan kenegaraan, Daud membawa Sulaiman untuk menemaninya dalam membantu dalam memutuskan suatu masalah. Sulaiman berhasil menunjukkan kebijaksanaannya dalam membuat keputusan yang adil. Dengan begitu, dia semakin dekat dan dicintai oleh rakyat Bani Israil.

Melihat Daud sayang dan memperhatikan Sulaiman, Abysalum yang merupakan kakak dari Sulaiman merasa iri dan dengki. Dia merencanakan untuk merebut tahta dari ayahnya tersebut untuk dikuasainya. Setelah itu, mulailah rencana tersebut dijalankan. Para pendukungnya mengadakan pemberontakan secara sporadis di seluruh negeri sehingga terjadilah pertempuran kecil-kecilan antara pendukung Daud dengan abysalum. Kondisi ini menjadikan Bani Israil terpecah belah. Akhirnya, Daud memutuskan untuk melakukan istikharah di bukit Zaitun. Sementara itu, Abysalum memasuki kerajaan dan menduduki tahta kerajaan. Daud mendapatkan ilham bahwa dirinya harus merebut kembali tahtanya. Oleh karena itu, dia memerintahkan pasukannya yang masih loyal untuk merebut kekuasaan kerajaan dari tangan anaknya. Dalam sebuah pertempuran akhirnya Abysalum terbunuh. Daud pun memerintah lagi Bani Israil hingga ajalnya menjemput.

Setelah Daud meninggal dunia, kekuasaan atas Bani Israil diambil oleh anaknya yang menjadi kisah Nabi Sulaiman. Beliau diberikan mukjizat oleh Allah SWT, yaitu menundukkan makhluk lain, seperti jin dan hewan. Dalam sebuah riwayat disebutkan Nabi Sulaiman beserta pasukannya sedang berjalan. Di depannya ada kelompok semut yang takut terinjak oleh Nabi Sulaiman dan pasukannya. Nabi Sulaiman yang mendengarnya segera memerintahkan pasukannya berhenti untuk memberikan waktu kepada kawanan semut itu agar dapat masuk ke dalam tanah sehingga tidak terinjak-injak. Kisah Nabi Sulaiman yang satu ini membuktikan bahwa mukjizat yang diberikan oleh Allah benar-benar luar biasa dan nyata.

Mukjizat itu juga yang dimanfaatkan oleh Nabi Sulaiman untuk menundukkan Ratu Balqis yang menjadi penguasa Kerajaan Saba. Ratu tersebut duduk di sebuah tahta singgasana yang berkilauan permata berlian. Ratu Balqis belum menyembah Allah, sehingga sudah menjadi kewajiban Nabi Sulaiman untuk menyadarkannya. Selanjutnya, Nabi Sulaiman memerintahkan burung hud-hud untuk mengirim surat kepada Ratu Balqis. Isi surat itu menyebutkan agar Ratu Balqis segera beriman kepada Allah SWT karena Dia merupakan Tuhan yang pantas untuk disembah. Setelah membaca surat dari Nabi Sulaiman tersebut, Ratu Balqis masih meragukannya. Oleh karena itu, dia mengutus bawahannya untuk menghadap kepada Nabi Sulaiman.

Nabi Sulaiman menerima utusan dari Ratu Balqis dan saat pulang dibawakan hadiah yang luar biasa menyilaukan mata. Namun demikian, Nabi Sulaiman memberikan petunjuk agar Ratu Balqis segera menemuinya untuk diajarkan langsung tentang ke-Esaan Allah. Jika tidak mau, Nabi Sulaiman berjanji akan membawa pasukannya yang terkuat untuk masuk dan menyerang Kerajaan Saba. Mendengar ultimatum dari Nabi Sulaiman, Ratu Balqis menurut dan mau menemuinya. Sementara itu, Nabi Sulaiman ingin menunjukkan mukjizatnya kepada Ratu Balqis. Beliau mengirim pasukan jinnya untuk membawa singgasana Ratu Balqis yang penuh permata berlian tersebut ke kerajaan Bani Israil sebelum sang ratu hadir.

Saat Ratu Balqis tiba, dia melihat singgasana kerajaannya berada di hadapannya. Setelah itu, Ratu Balqis percaya dengan mukjizat Nabi Sulaiman yang diberikan oleh Allah. Diriwayatkan Ratu Balqis menyembah kepada Allah SWT dan menjadi istri Nabi Sulaiman. Demikianlah kisah Nabi Sulaiman, salah satu nabi utusan Allah.

Description: Kisah Nabi Sulaiman dalam menaklukkan Ratu Balqis untuk beriman kepada Allah SWT begitu luar biasa. Pasalnya, Nabi Sulaiman menggunakan mukjizatnya yang bisa menundukkan jin.

Tinggalkan komentar